Pemkot Luncurkan Call Center 112 di HUT Kota Ambon

Pemkot Luncurkan Call Center 112 di HUT Kota Ambon

Dok Pemkot Ambon--

DISWAY.ID - Dalam rangka perayaan HUT Kota Ambon yang ke-450, Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon memperkenalkan layanan darurat call center 112.

“Peluncuran ini menjadi langkah nyata Pemkot Ambon untuk menyediakan layanan cepat tanggap terhadap berbagai kondisi darurat yang dialami masyarakat,” kata Wali Kota Ambon Bodewin M. Wattimena, di Ambon, Senin

Menurut Bodewin, hadirnya call center 112 tidak hanya sekadar fasilitas teknis, melainkan wujud komitmen pemerintah untuk memberikan pelayanan publik yang lebih responsif.

“Launching call center 112 juga bentuk kehadiran negara, pemerintah hadir membantu masyarakat dalam setiap persoalan darurat. Entah itu kebakaran, sakit, masalah PLN, orang hilang, dan lain-lain, semua terintegrasi dalam panggilan tunggal 112,” ujarnya.

Sebagai bagian dari pengenalan kepada warga, Pemkot Ambon menampilkan simulasi cara kerja layanan tersebut. Dalam simulasi itu, masyarakat dapat melihat bagaimana petugas merespons berbagai kondisi darurat dengan sigap dan terkoordinasi.

Bodewin menambahkan, momentum ulang tahun ke-450 ini juga menjadi kesempatan untuk mengajak seluruh elemen masyarakat bersatu membangun kota.

“Kita bersyukur bisa memperingati HUT ke-450. Harapan kita semua bisa bergandengan tangan, apapun status, jabatan, atau profesi, kita pasti bisa memberikan sesuatu yang berarti untuk Ambon,” tambahnya.

Ia pun berharap layanan ini benar-benar dimanfaatkan secara maksimal, sehingga mampu membantu warga dalam menghadapi situasi kritis, termasuk bencana alam maupun keadaan darurat lainnya.

Penyelenggaraan call center 112 merupakan amanat Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintah Daerah, khususnya dalam menjaga keamanan, ketertiban, dan keselamatan masyarakat. 

Layanan ini juga menjadi bagian dari program strategis Pemkot Ambon dalam mewujudkan 17 prioritas pembangunan, terutama program ke-13: mewujudkan Ambon Smart City. 

Sumber: