DISWAY.ID – Ombudsman RI Perwakilan Provinsi Maluku mencatat lonjakan signifikan dalam jumlah laporan masyarakat sepanjang triwulan pertama 2025. Dalam kurun Januari hingga Maret, tercatat sebanyak 243 akses laporan yang masuk ke lembaga tersebut.
“Kami mencatat adanya lonjakan signifikan dalam jumlah laporan masyarakat yang diterima selama Triwulan satu 2025. Berdasarkan data yang dihimpun, terdapat 243 akses masyarakat yang tercatat dalam periode tersebut," ujar Kepala Perwakilan Ombudsman RI Maluku, Hasan Slamat, di Ambon, Rabu 30 April 2025.
Rinciannya, laporan yang masuk pada Januari sebanyak 51, menurun drastis pada Februari menjadi sembilan, namun melonjak tajam pada Maret dengan 183 laporan. Jumlah ini disebut Hasan meningkat dibanding periode yang sama di tahun-tahun sebelumnya.
"Jumlah akses masyarakat pada triwulan ini tentu melonjak dari tahun-tahun sebelumnya," katanya.
Hasan menyebutkan, peningkatan jumlah laporan tak lepas dari pelaksanaan kegiatan Teras Pelayanan Publik pada Februari lalu yang digelar di pelataran Kantor Negeri Hitumessing, Kecamatan Leihitu Barat, Kabupaten Maluku Tengah. Kegiatan ini disebut menghadirkan sekitar 500 warga dari sejumlah desa seperti Hitumessing, Hitu Lama, Mamala, dan Morella.
Sebagian besar laporan masyarakat, lanjutnya, telah langsung ditindaklanjuti melalui berbagai metode seperti klarifikasi, pemeriksaan lapangan, maupun mediasi dengan instansi terkait.
Hasan menegaskan komitmen Ombudsman Maluku untuk terus memperluas jangkauan pelayanan dan edukasi kepada publik melalui pendekatan langsung.
"Kami terus berkomitmen untuk lebih intens kepada masyarakat dengan terus melakukan kegiatan Ombudsman on the spot pada area terdekat sebagai sarana untuk menjangkau masyarakat dalam menyampaikan pengaduan dan juga sosialisasi kelembagaan," katanya.