Bandara Pattimura Ambon Kembali Raih Penghargaan Asia Pasifik, Sudah Empat Tahun Beruntun!

Rabu 30-04-2025,12:32 WIB
Reporter : Afdal Namakule
Editor : Afdal Namakule

DISWAY.ID - Kabar membanggakan datang dari Ambon! Bandara Pattimura yang dikelola oleh PT Angkasa Pura Indonesia kembali unjuk gigi di kancah internasional.

Tahun ini, Bandara Pattimura berhasil membawa pulang penghargaan bergengsi dari ajang Airport Service Quality (ASQ) Awards 2024. Dan yang bikin makin keren  ini adalah tahun keempat berturut-turut mereka menang, lho!

“Bandar Udara Pattimura Ambon meraih penghargaan tersebut selama empat tahun berturut - turut, sejak 2021, 2022, 2023, dan 2024,” kata General Manager Bandara Pattimura Ambon, Shively Sanssouci, di Ambon, Selasa 30 April 2025.

Ajang ini digelar oleh Airport Council International (ACI) organisasi internasional yang menaungi bandara-bandara di seluruh dunia. Nah, salah satu penilaiannya datang langsung dari para penumpang. Jadi, ini benar-benar pengakuan dari pengguna jasa.

Tahun ini, ada 10 bandara yang dikelola oleh InJourney Airports yang masuk dalam daftar terbaik se-Asia Pasifik soal pengalaman pelanggan - dan Pattimura salah satunya. Bandara ini masuk dalam kategori bandara dengan kapasitas di bawah dua juta penumpang per tahun.

FYI, selama tahun 2024 ini saja, Bandara Pattimura sudah melayani 820.742 penumpang. Kalau dirata-ratakan, sekitar 2.762 penumpang datang dan pergi tiap bulannya. Pergerakan pesawat pun tercatat sebanyak 9.154 kali sepanjang tahun, dan untuk kargo, totalnya mencapai 7,5 juta kilogram lebih. Produktif banget!

Shively bilang, penghargaan ini adalah bentuk apresiasi atas kerja keras Bandara Pattimura dalam menjaga dan meningkatkan standar pelayanan. Mereka konsisten banget ningkatin skor layanan selama empat tahun terakhir lewat program ASQ ini.

Yang bikin salut, penghargaan ini jadi pemacu semangat bagi seluruh tim di Bandara Pattimura buat terus ngasih pelayanan terbaik ke pengguna jasa. Ke depan, mereka juga siap buat lebih banyak inovasi, khususnya lewat teknologi dan digitalisasi, biar pengalaman terbang makin nyaman dan cepat.

“Sebagaimana semboyan kami melayani sepenuh hati, kami sampaikan terima kasih kepada seluruh mitra usaha dan mitra kerja, atas bantuan dan kerjasama dalam mewujudkan pelayanan dan pengalaman terbaik bagi penumpang pesawat udara,” tutup Shively. *

 

Kategori :